Friday, March 13, 2015

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh
Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh - Lengkuas atau dalam bahasa Jawa disebut sebagai Laos adalah salah satu tanaman umbi-umbian yang memiliki manfaat sebagai tanaman obat. Lengkuas banyak ditanam di dataran rendah dan dataran tinggi. Manfaat lengkuas telah banyak digunakan oleh masyarakat kita sebagai bumbu masakan serta bahan-bahan pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut sebagai jamu. Kemanjuran lengkuas telah dimanfaatkan oleh para leluhur sebagai obat mujarab untuk beberapa jenis penyakit.

Lengkuas tanaman terdiri dari pelepah daun pohon. Daun dari putaran berbentuk lengkuas dan di bagian bawah hanya sebuah batang tentu dan bagian atas lengkap dengan daun. Lengkuas rimpang memiliki berwarna putih dan merah rimpang berwarna. Lengkuas rimpang berwarna putih dengan banyak digunakan sebagai bumbu untuk hidangan, dan manfaat dari lengkuas sebagai tanaman lebih obat yang ditemukan dari lengkuas berimpang merah.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Kencur untuk Kesehatan

 Beberapa Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh



Mencegah mabuk

Jika Anda tidak kuat mobil dengan AC atau mungkin Anda lakukan tidak bisa terbawa baik darat, laut atau udara sebagai mudah mual, mengambil masak bumbu makanan ada lengkuas untuk lengkuas dapat mengatasi mual akibat penyakit perjalanan.

Meremajakan kulit

Selain bagus untuk pengobatan, ternyata dalam tubuh perawatan lengkuas juga membantu mencegah timbulnya penuaan pada kulit. Keajaiban ini dapat terjadi karena tidak akan terlepas dari deposito antioksidannya yang terdiri dari 40 antioksidan, antioksidan, masing-masing, yang saling melengkapi.

Membuang racun

Dalam tubuh ada cukup berisiko racun memicu gangguan kesehatan yang serius. Untuk menghapus ini racun butuh bantuan dari makanan sehat. Berikut nutrisi lengkuas akan pergi mil ekstra untuk mengeluarkan racun dan kehadiran antioksidan dari lengkuas juga mampu mencegah terjadinya radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Baca Juga : Manfaat Kapulaga untuk Kesehatan dan Kecantikan

Menghilangkan bekas Luka Bakar

Membuat jus lengkuas, tetapi tidak mendapatkan terlalu banyak air. Sebagai krim dari blender dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka pada kulit terbakar lengkuas. Trik untuk menerapkan jus lengkuas, kemudian digosok menggunakan lengkuas utuh telah dibersihkan pada bekas luka. Perawatan ini dapat rutinkan untuk bekas luka Anda memudar.

limpa sakit

Bahan: 2 lengkuas rimpang jempol, 3 umbi rimpang temulawak jempol dan 1 meniran genggam daun
Cara membuat: semua bahan direbus dengan 3 cangkir air mendidih
Cara pakai: diminum dua kali sehari 1 cangkir, pagi dan sore hari.

Membangkitkan gairah seks

Bahan: 2 lampu lengkuas rimpang jempol, 3 umbi jahe rimpang jempol dan 2 buah lemon, 1 sendok teh Lada, 1 sendok teh garam dan 1 ragi tape.
Cara membuat: lengkuas dan jahe Corm diparut dan diperas untuk mengambil air, kemudian dioplos dengan bahan lain dengan 0,5 gelas air masak hingga merata.
Cara menggunakan: mabuk.

Membangkitkan nafsu makan

a. bahan: 1 jempol lengkuas rimpang, 3 buah mentah kecepatan, 0.5 rimpang kencur jempol, 0.5 sdt bubuk ketumbar, 1 bawang putih cengkeh, 3 mata buah asam, gula merah 1 iris matang, jakeling, jalawe, dan jarahab.
Cara membuat: semua bahan direbus dengan 2 cangkir air mendidih untuk menginap 1 gelas
Cara pakai: diminum dua kali sehari 0,5 gelas, pagi dan sore hari.

b. bahan: 1 lengkuas rimpang umbi, rimpang 1 jempol temulawak jempol, 1 meniran tanaman pohon dan sedikit adas pulawaras.
Cara membuat: semua bahan direbus dengan 3 cangkir air mendidih
Cara menggunakan: minum 3 kali sehari

Bronkitis batuk

Bahan: Rimpang umbi lengkuas, jahe dan temulawak (setiap masing2 rimpang) yang praktis, keningar, gesper 1 daun cambuk kuda, 0,5 gram daun iler, daun kayu manis secukupnya.
Cara membuat: semua bahan tanah halus dan kemudian direbus dengan 3 cangkir air mendidih
Cara pakai: diminum dua kali sehari, pagi dan sore hari.

Manfaat Lengkuas untuk Kesehatan Tubuh telah banyak digunakan oleh industri farmasi sebagai bahan untuk pembuatan obat-obatan modern. Kemanjuran lengkuas dapat dibuktikan secara medis melalui tes laboratorium dan tidak mengandung senyawa atau unsur-unsur yang berbahaya bagi manusia. Jadi sangat aman untuk di konsumsi oleh semua anggota keluarga.

Baca Juga :  Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan


Load disqus comments

0 comments