Thursday, March 12, 2015

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan - Asam adalah bumbu masak yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, Kecantikan dan pengobatan tradisional. Manfaat dari asam sebagai tanaman herbal telah dikenal untuk waktu yang lama. Orangtua kita dulu sering mengambil keuntungan dari buah untuk mengobati bisul mulut, luka, eksim dan mengatasi gigitan serangga. Sementara daun digunakan untuk mengobati demam.

Di Indonesia, benih buah asam digunakan sebagai bumbu masak untuk mempersiapkan makanan yang asam sensasi seperti memelukan Sayur asem. Dan juga menjadi salah satu bahan utama dalam tradisional kesehatan minuman asam, kunyit.

baca Juga : Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tamarind Tamarindus indica memiliki Nama latin dan termasuk dalam famili Fabaceae. Pohon ini berasal dari Afrika, Indonesia biasanya ditanam sebagai pohon jalan di perindang. Tingginya bisa mencapai 25 kaki. Ini adalah tanaman hanya pohon yang namanya mirip dengan rasa buah.

Daging buah asam putih, dan berubah menjadi kecokelatan saat matang. Dalam rangka untuk buah ini asam dagig tetap tahan lama, biasanya diproses lagi dan warna berubah menjadi kehitam-hitaman. Sering dirujuk sebagai kawak asam.

Daging buah berisi bermacam-macam zat asam, asam, Malat, sitrat, tatrat, Suksinat dan asetat. Zat asam ini sangat efektif sebagai pencahar, pencahar dan peredaran darah. Sementara kandungan flavonoid dalam daun asam daun membuat ini sebagai antiradang dan mengurangi rasa sakit.

Inilah Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sakit Kulit kepala

Tamarind juga dipercaya untuk merawat kulit kepala. Sebelum Anda mencuci, disarankan untuk kepala Anda dengan buah asam yang telah dimasak memijit-mijit. Kemudian bilas dengan bersih dan Anda dapat dicuci dengan sampo. Ini adalah bentuk manfaat bisnis dari asam dalam memperkuat akar helai rambut dan mencegah rambut rontok.

Baca Juga : Obat Alami Asam Urat Dan Rematik Dari Rempah

Obat Luka


Asam jawa juga dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang oleh paste pada luka, daun asam telah dikunyah hingga lumat. Selain biasa jenis luka bisul, asam ini juga mampu merawat ulcers. Beberapa benih dari asam buah tumbuk sampai halus, dan kemudian paste hasil tumbukan ini di kanan atas luka di atas luka, maka perban lah, sedangkan untuk eksim dan bisul, Anda perlu untuk kelancaran satu genggam daun menumbuk asam yang masih muda dan belum menguning atau mengering, dua kunyit rimpang. Sisipkan hasil tumbukan di sebelah kanan yang sakit.

 Infeksi Kulit Bengkak

Kulit bengkak karena disengat oleh lebah atau Lipan kemudian ketika kiri khawatir akan terjadi infeksi. Oleh karena itu, Anda bisa halus tiga sampai lima buah mashing asam dengan minyak eucalyptus secukupnya. Taburi atau sisipkan bagian kanan tubuh yang bentak dengan hasil tumbukan tadi. Jika Anda memiliki Alergi, Anda bisa minum setidaknya dua kali setiap hari, setiap pagi dan sore, minuman yang terbuat dari dua sampai tiga polong buah asam Jawa yang sudah cukup tua, dengan mencampur seperempat sendok whiting dan sedikit garam. Campur bahan direbus ke tiga gelas air mendidih dan mengurangi volume air menjadi hanya dua gelas. Saringlah dan minum 2 kali sehari.

Baca Juga : Obat Masuk Angin Secara Alami

 Sakit Perut

Dalam hal Kesehatan, asam memiliki banyak manfaat lain. Untuk penyakit ringan seperti sakit perut, Anda bisa mengambil tiga polong Jawa asam dimasak dengan benar, kemudian campuran merata dengan whiting serta eucalyptus minyak yang diperlukan. Bahan-bahan dicampur Anda dapat membuat ini sebagai alami obat gosok pada bagian perut Anda. Tapi itu juga bisa dengan tiga polong asam Jawa yang diseduh dengan gula kelapa, disaring, kemudian minum.

Sakit Sariawan

Penyakit ringan lainnya dapat disembuhkan dengan asam adalah thrush. Meskipun ringan, sariawan benar-benar menjengkelkan. Anda bisa merebus satu gelas air dengan dua buah polong asam, dua seukuran jempol temulawak rimpang dan satu buah gula aren.

Kesehatan Badan

Selain manfaat yang disebutkan di atas, manfaat kesehatan dari asam badan-badan lain yang dapat berfungsi sebagai pencahar.Menurut IR. Wahyu Soeprapto, dukun dari malang.Tamarind berisi salah satu senyawa, yaitu tatrat asam, jenis asam ini dapat bertindak sebagai pencahar bagi mereka mengalami air limbah yang sulit.Selain itu karena gel dengan menyerap cairan, asam jawa juga dapat digunakan untuk menghancurkan lemak, begitu baik juga digunakan sebagai salah satu diet program.Tamarind daun mengandung flavonoid, adalah anti-inflamasi dan pain relief.

Bagi orang jawa lebih tahu manfaatnya , tapi tuk daerah lain mungkin bisa jadi inspirasi  dengan artikel Manfaat Asam Jawa untuk Kesehatan dan Kecantikan semoga bermanfaat.

Baca Juga : Obat Penurun Panas Bayi , Anak dan Dewasa



Load disqus comments

0 comments